Latihan Dasar Kepemimpinan

LDK 2008 - TAMPIL BEDA..!! 

Pada tanggal 25- 26 Oktober 2008 SPK Kristen YSKI mengadakan LDK (Latihan Dasar kepeminpinan) di Panti Samadi Ungaran. Kegiatan LDK tahun ini memiliki tema Kemandirian yang bertanggung jawab. dalam pelaksanaannya menekankan pada pemberian tugas sebagai tanggung jawab siswa serta membentuk keberanian pada diri siswa serta mampu memiliki kemampuan bekerjasama dengan orang lain.

Pada saat mengawali kegiatan ini 

dilakukan dengan pencairan suasana (ice breaking) agar peserta merasa enjoy, nyaman dan merasa tidak terbeban dengan tugas-tugas yang akan diberikan. Identifikasi harapan dan kekuatiran dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kekuatiran yang dialami siswa selama dua hari kedepan dan peserta diminta untuk mengungkapkan harapan apa yang ingin diperoleh selama dua hari kegiatan. Kegiatan ini dilakukan dengan peserta menuliskan apa saja kekuatiran merekan dan apa saja harapan mereka mengikuti LDK pada selembar kertas karton yang kemudian digantung di beberapa pohon disekitar aula. Sebelum dilanjutkan dengan tugas-tugas yang akan dihadapi peserta ditentukan terlebih dahulu aturan main kegiatan selama dua hari yang ditentukan dan disepakati oleh peserta sendiri.

Pada kegiatan LDK ini diadakan kegiatan menghitung beras sejumlah dua kantong untuk setiap kelompok. dalam kegiatan ini diperlukan kesabaran dan ketelitian. Selama dua hari kegiatan diadakan kegiatan bertanggung jawab atas diri sendiri dengan cara mencuci sendok dan garpu masing-masing. Hari kedua LDK diadakan outbond yang terbagi menjadi lima pos yang masing-masing terdiri dari posko kera sakti, sarang korek api, web spider, Trustfall, dan konsentrasi yang dalam masing-masing pos membentuk karakter peserta yang berani, mandiri, bertanggung jawab, percaya diri, kerja sama dan konsentrasi.

Dalam kegiatan LDK ini siswa juga diberikan tantangan untuk bisa mempertahankan nyala api lilin dalam arti melindungi lilin supaya tidakn padam sebagai wujud tanggung jawab menjaga YSKI dari gangguan pihak luar yang ingin mengganggu keberadaan YSKI. Kegiatan LDK ini menjadikan anak-anak mampu bertanggung jawab, mandiri dan berani dan memiliki kesabaran Peserta mulai bisa menghargai teman dan belajar untuk berkata positif. Selama kegiatan peserta diajak untuk disipli dan tepat waktu mengikuti kegiatan sehingga penekanan kedisiplinan ini bisa berlanjut selama disekolah sebagai tanggung jawabnya sebagai siswa. Mengajarkan peserta untuk dapat bekerja sama dengan orang lain. Mengajarkan peserta untuk dapat bersosialisasi dengan teman terutama dari kelas lain sehingga mampu menjalin pertemanan.

Catatan dari Pelaksanaan Kegiatan LDK 2008 :
a) kegiatan LDK ini menjadikan anak-anak mampu bertanggung jawab, mandiri dan berani dan memiliki kesabaran
b) peserta mulai bisa menghargai teman dan belajar untuk berkata positif.
c) selama kegiatan peserta diajak untuk disipli dan tepat waktu mengikuti kegiatan sehingga penekanan kedisiplinan ini bisa berlanjut selama disekolah sebagai tanggung jawabnya sebagai siswa.
d) mengajarkan peserta untuk dapat bekerja sama dengan orang lain.
e) Mengajarkan peserta untuk dapat bersosialisasi dengan teman terutama dari kelas lain sehingga mampu menjalin pertemanan.

Layanan Online New

Kepala Sekolah

Waka Kurikulum

Waka Kesiswaan

Waka Sarana Prasarana

Tata Usaha